NAMA:HERI KURNIAWAN
KELAS:1EB12
NPM:23210252

BISNIS ONLINE
Di zaman era globalisasi seperti sekarang ini pengguna internet semakin berkembang dan beragam semua orang baik masyarakat golongan kecil,menengah hinga atas pasti menggunakan fasilitas internet,itu di sebabkan masyarakat kita bisa mengali sebuah informasi dari sebuah internet istilah lainya dunia maya .
Bisnis adalah sebuah usaha atau upaya aktif kita untuk mendatangkan sebuah keuntungan berupa uang .tapi upaya tersebut harus dilakukan dengan pemikiran matang dan naluri yang kuat serta tangguh, sedangkan online adalah menggunakan fasilitas jaringan internet untuk melakukan upaya penjualan atas produk-produk kita.jadi dapat di artikan bahwa binis online adalah segala upaya yang kita lakukan untuk mendatangkan keuntungan berupa uang dengan cara memanfaatkan internet untuk menjual suatu produk dan jasa.di sini saya akan kupas tuntas tentang bisnis online di antara nya.
Faktor – faktor yang mempengaruhi dalam berbinis online yaitu:
1. Produk
Produk adalah suatu yang di tawarkan berupa barang dan jasa di dalam mekanisme penjualan dan pembelian.produk yang harus kita tawarkan kepada konsumen harus bersifat baik karena jika kualiatas produk kita baik dan bagus maka konsumen akan tertarik dan pastinya akan membeli produk tersebut,produk yang kita jual juga harus bisa menembus market oriented atau berorentasi pada pasar.di dalam sebuah produk pasti terdapat kelebihan dan kekurangan masing –masing ,kita perlu mengingat bahwa dalam setiap bisnis setidaknya ada satu yang berhasil menjadi kaya raya ,tidak peduli produk apa yang dijual.intinya kita harus memadukan kecocokkan produk kita dengan permintaan pasar ,jika masalah tersebut dapat di kelola dengan baik maka urusan produk saat ini telah berada dalam genggaman tangan kita jadi mengelola sutu pruduk harus selalu berorientasi pada mekanisme pasar.
2. Price
Price adalah harga jual suatu produk . di dalam menetukan harga jual pada sebuah produk kita juga harus bisa membidik target pasar yang baik ,maksudnya harga tersebut harus cocok dengan target pasar pada umumnya jika target kita penjualan kita adalah kelas menengah ke bawah ,maka yang kita perhitungkan hanyalah sebatas biaya modal, biaya operasional,dan keuntungan yang wajar .namun jika yang menjadi target penjualan kita adalash kelas atas ,maka kita bisa memasukkan unsure-unsur perhitungan nilai seni ,nilai keunikan ,nilai kelangkaan,dan lainnya.membidik segmen menengah ke atas akan menghasilkan transaksi yang lebih sedikit tetapi mendatangkan keutungan yang lebih besar .jadi jangan sampai kita salah menentukan target pasar kita.
3. Place
Place adalah saluran distribusi kita .sebuah produk yang akan kita jual pada suatu segmen pasar tentunya harus dapat dengan mudah di jangkau oleh target pasar kita.sangat tidak mungkin jika kita memiliki sebuah produk yang membidik target market kelas menengah bawah namun menjualnya melalui internet .
Dalam menentukan saluran distribusi,kita perlu mengetahui bahwa ada biaya-biaya yang sangat besar yang muncul di situ. Faktor distribusi ini penting karena tanpa adanya factor distribusi ,maka produk kita akan sangat sulit untuk di jangkau konsumen ,maka artinya produk sulit untuk laku terjual sehingga kemungkinan kita akan mengalami kerugian .jadi kita harus memikirkan dan menentukkan langkah-langkah yang harus berkaitan denagan saluran distribusi agar produk kita dapat lebih mudah di jangkau oleh konnsumen.
4. Promotion
Promotion atau promosi adalah suatu cara atau kegiatan yang memperkenalkan dan menawarkan sebuah produk barang atau jasa .promosi ada berbagai macam meliputi publisitas ,promo penjualan , periklanan ,dan juga penjualan langsung .publisitas lebih di tekankan pada liputan media yang berupa informasi mengenai sebuah kasus dan mengkaitkannya dengan produk yang kita jual.promo penjualan merupakan upaya untuk memperkenalkan suatu produk kepada masyarakat atau konsumen .berbicara mengenai periklanan maka akan sangat banyak sekali bentuknya dari beriklan di mtelevisi,radio,media cetak ,dan pastinya juga bisa beriklan di internet.
biasanya iklan yang menarik konsumen adalah iklan yang kreatif,inovatif dan selalu menghadirkan ide-ide baru yang lebih segar.iklan semacam itu akan berdampak pada anggaran biaya iklan yang lebih tinggi meskipun kita dituntut untuk membuat iklan yang menarik ,namun kita jangan sampai lupa aka tujuan kita melakukan periklanan ,akan sangat menjadi sutu yang sia-sia jika sebuah iklan yang sangat menarik dan mendapatkan berbagai macam pengharaan namun tidak memberikan efek apa-apa terhadap penjualan .sesuatu yang kiata harapkan adalah dengan kita mengeluarkan biaya ikan ,maka penjualan atas produk kita pun akan meningkat drastis dan sehingga keutungan kita menjadi sangat besar .setidaknya ada empat macam jenis promosi yang dapat kita lakukan tapi kita juga harus mempertimbangkan dan menentukan langkah mana yang akan kita lakukn terlebih dahulu dan langkah mana yang bisa kita tunda .ingatlah selalu bahwa tujuan utama sebuah promosi pada akhirnya harus dapat di ukur dengan peningakatan penjualan yang signifikan maka akan berhasil dalam melakukan penjualan .
macam-macam atau contoh bisnis online yaitu:
1. Toko online
Toko online adalah sebuah toko yang menjual berbagai macam produk melalui internet dengan menggunakn website .website tersebut merupakan website interaktif yang dapat menangani permintaan informasi dari seoran konsumen akan sebuah produk sekaligus menangani pesanan. Seorang pengelola website toko online tidak di haruskan untuk memiliki toko nyata sebgi representatif . adanya toko online konvesionl sebagai representative hanyalah sebuah nilai tambah ,bukan sebuah ke harusan .
Salah satu toko online yang terbesar yang saat ini menjadi acuan adalah amazone .amazone merupakan sebuah toko online yang menjual buku secara internasional .siapa pun selama memiliki sambungan ke internet dan memiliki uang dapat membeli nuku dari website tersebut.harga buku yang di tawarkan biasannya lebih bervariasi dan lebih murah ketimbang kita membeli di toko buku .setelah kita melakukan pemesanan dan pembayaran maka pihak amazon akan mengirimkan buku yang kita pesan dengan mengunakan jasa perusahaan kurir.jadi ada baiknya juga kita memang membutuhkan produk-produk yang mereka jual ,kita dapat melakukan pembelian dan mencoba menjalani semua prosedur pemesanan yang di berlakukan hingga produk yang kita beli benar-benar sampai tangan kita .
2. Bisnis affiliate online
Bisnis affiliate online dikenal juga dengan istilah bisnis reseller .yang dimaksud bisnis reseller adsalah bisnis dimana seorang konsumen ketika membeli sebuah produk,maka pada saat itu juga langsung mendapatkan hak keanggotaan untuk memasarkan produk yanga sama dan akan mendapatkan komisi atas setiap penjualan yang terjadi .
Konsep reseller ini perlu kita pertimbangkan ketika hendak membuka sebuah bisnis online ,karena dengan semakin bertambahnya jumlah member affiliate,maka kita akan semakin mempunyai banyak tangan untuk melalukan promosi, namun kita harus membagi keutungan tersebut dengan member affiliate yang berhasil melakukan transaksi penjualan,tetapi hal itu akan jauh lebih baik,karena tanpa adanya member affiliate tersebut,mungkin saja penjualan tadi tidak akan laku.
Keutungan bagi kita para member affiliate di antaranya yaitu:
1. Kita tidak harus memiliki produk sendiri .
2. Kita tidak harus membuat website sendiri.
3. Kita tidak harus memikirkan biaya perawatan website.
4. Kita mendapatkan bagi hasil yang lenih tinggi dari pengelola pemlik.
5. Tidak ada resiko apapun yang melekat pada kita,karena setiap kompalain yang muncul akan selalu di tumjukan kepada pemilik website.
Meskipun keutungan bagi para peserta affiliate terlihat sangat menggiurkan ,namun bagi para pemilik nisnis affiliate juga tetap terdapat sisi positif yang merupakan keutungan tersendiri ketika menjalankan konsep ini .
Keutungan tersebut antara lain yaitu:
1) Masalah promosi produk akan dibantu oleh banyak orang yang menjadi member affiliate.
2) Pemilik website hanya akan membayarkan komisi jika terjadi penjualan .
3) Komisi biasanya langsung di bayarkan dari pembeli kepada para member affiliate sehingga pemilik terbebas dari resiko salah pengelolaan dana .
4) Konsep bisnis affiliate dapat berjalan otomatis sehingga dapat menjadi pekerjaan sampingan yang menghasilkan pendapatan cukup besar .
5) Pemilik bisnis akan memiliki database e-mail yang dapat digunakan untuk melakukan promosi terhadap produk yang lain.
Untuk dapat membuat sebuah bisnis online dengan konsep affiliate sebenarnya tidak terlalu susah , hanya dibutuhkan sedikit ketekunan untuk mendesain website yang menarik dan atraktif serta menyusun sebuah produk yang menarik, maka bisnis kita akan maju .
3. multi level marketing online
sampai dengan saat ini bisnis multi level marketing tetap saja menjadi bahan perdebatan bagi hamper setiap orang.ada yang mendukung dan sangat antusias ,ada pula yang antisipatif dan mengecam, bahkan ada yang menempelkan cap sebagai bisnis menjual mimpi .terlepas dari pro dan kontra yang ada, sekarang ini bisnis multi level marketing di buat secara online menjadi bisnis multi level marketing online atau MLM online .
secara prinsip tidak ada yang berbeda antara MLM konvesional dengan MLM online .segala hal yang di terapkan atau berlaku pada MLM konvesioanal juga di berlakukan pada system MLM online, yang membedakan antara MLM konvesional dan MLM online adalah mencari member dan jangkauan member yang di capai .
dalam MLM online, jika anda bergabung sebagai member ,maka anda akan mendapatkan sebuah alamat website yang disebut sebagai alamat website replika . intinya anda harus bisa mencari member untuk bergabung dalam MLM online anda.
4. Money game online
Bisnis money game hanya membutuhakan modal kecil .lebih jesnya bisnis money game ini hamper sama dengan bisnis arisan berantai yang hanya memanfaatkan aliran dana dari member baru yang bergabung.transaksi yang dilakukan hanyalah pemindahan dana dari satu rekening ke rekening yang lain.
Salah satu bisnis arisan online yang cukup gencar dan terkenal beriklan.adalah investasi mandiri com.secara prinsip bisnis arisan berantai tersebut mewajibkan setiap member yang bergabung harus mentransfer uang terlebih dahulu.
5. Bisnis web hosting
Bisnis web hosting adalah bisnis yang menyewakan ruang server untuk menempatkan file website agar dapat di akses kapan pun dan oleh siapa pun .kita perlu mengetahui bahwa website terdiri dari kode – kode program yang di satukan dalam dalam bentuk file .file tersebut diletakan pada sebuah hardisk yang hanya bisa di akses kapan pun dalam 24 jam sehari dan 7 hari seminggu ,artinya hardisk tempat untuk menyimpan file-file tersebut juga harus menyala selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.
Saat ini biaya untuk klaim domain dan sewa server relatif murah .untuk klaim domain dot com berkisar 100 ribu rupiah untuk setiap satu tahun,sedangkan sewa server berkisar 25 ribu rupiah perbulan untuk ruang sebesar 100 MB.salah satu website yang menjalankan web hosting adalah master web.id
Tentunya harga dari sebuah webhosting dengan webhosting yang lainnya bisa berbeda –beda .layanan lainnya yang di sediakan oleh sebuah bisnis web posting adalah web desain sehingga jika seorang yang tidak mengerti atau kurang memahami internet bisa menghubungi sebuah alamat webhosting dan membayar beberapa rupiah saja masalah dapat terselesaikan dengan mudah .
6. Bisnis iklan baris online
Salah satu bisnis online yang dapat di jalankan adalah dengan membuat sebuah website iklan baris online atau pun sebuah website promosi yang lain.website iklan tersebut menawarkan beberapa macam alternatif pemasangan iklan ,mulai dari yang gratis hingga yang berbayar .memang pada umumnya akan sangat banyak memanfaatkan paket gratis namun pihak pengelola tidak akan rugi .hal tersebut justru menjadi keuntungan tersendiri yang bisa di tawarkan kepada perusahaan besar untuk memasang iklan di website tersebut.
7. Bisnis berita online
Berita merupakan salah satu hal yang paling di cari oleh para penguna internet . hal tersebut memunculkan sebuah ide untuk membuat bisnis online yang menyediakan layanan informasi berita terkini.
Penghasilan dari pemasan iklanlah yang membuat bisnis online dengan konsep berita dapat terus hidup dan mendatangkan keuntungan bagi pemiliknya .
8. Bisnis komunitas online
Saat ini begitu banyak website yang menyediakan komunitas online atau yang di kenal dengan istilah jejaring social online .model bisnis tersebut bisa di terapkan di Indonesia dan memang sudah ada yang menerapkannya dengan membidik target dan member agar para member mau bergabung dalam sebuah komunitas atau group yang besar.
Jika tadi saya menjelaskan tentang macam –macam bisnis online yang sangat banyak dan bergam ,maka sekarang saya akan menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan dalam berbisnis online yaitu:
Keuntungan dalam berbisnis online yaitu:
1) pasar yang tidak terbatas
2) modal yang relatif kecil
3) biaya operasional yang rendah
4) toko online buka selama 24 jam
5) memiliki system pembayaran di muka
6) system pengiriman produk yang professional
7) sarana promosi yang mudah dan murah
8) akses internet yang semakin murah
kelemahan dalam berbisnis online yaitu:
• terlalu banyak pemain yang membuat bisnis online menjadi berkembang sehingga membuat persaingan tambah banyak
• cara pembayaran yang tidak relevan
• jasa yang relatif penipu
• target mekanisme berbisnis yang kurang sempurna
• terlalu banyak lisensi dari sponsor

kesimpulan nya : berbisnis online memang sangat mengguntukan dan menggiurkan karena dengan modal yang relatif kecil kita bisa mendapatkan untung yang besar asalkan kita rajin dalam mevariasi website kita dengan menarik dan atraktif sehingga konsumen akan tertarik dan membelinya .

saran : jika kita ingin berbisnis online biasakan ciptakan ide-ide kreatif dan tentu nya harus jujur karena konsumen akan merasa percaya pada kita dan pastinya kitaakan menjadi pebisnis handal nantinya .

referensi sumber dari:
2009,PT elex media komputindo,step by step bisnis online,joko salim ,Jakarta.
contoh gambar bisnis iklan baris online