Soal 5 pertanyaan tentang aspek hukum dalam ekonomi
NAMA : HERI KURNIAWAN
NPM : 23210252
KELAS : 2EB09
Mata kuliah : aspek hukum dalam ekonomi

1. Apa yang dimaksud dengan hukum yang imperatif dan hukum yang fakultatif ?
a. hukum yang imperatif adalah hukum yang berkaitan erat dengan perkembangan masyarakat sedangkan fakultatif yang berkaitan dengan pemerataan penduduk.
b. hukum yang imperatif adalah peraturan yang dibuat atau yang dipositifkan secara resmi oleh pemerintah sedang fakultatif di positifkan untuk swasta.
c. Hukum yang imperatif adalah hukum yang bersifat priori harus ditaati, bersifat mengikat dan memaksa.sedangkan fakultatif tidak secara priori mengikat. Tetapi fakultatif bersifat sebagai pelengkap.
d. Hukum yang imperatif adalah aturan sosial yang dibuat oleh lembaga-lembaga tertentu,sedangakn fakultatif dibuat oleh badan usaha milik swasta.
2. Sebutkan macam – macam norma yang berlaku di masyarakat ?
a. Norma agama ,kesusilaan , kesopanan , hukum
b. Norma kemuliaan , kehormatan, keramahan, kebaikan
c. Norma kehormatan, kemuliaan , kesusilaaan, kesantunan
d. Norma kebaikan, kemuliaan , keramahan , perjanjian
3. Apa yang dimaksud dengan hukum ekonomi ?
a. Hukum ekonomi adalah suatu hubungan sebab akibat atau pertalian peristiwa ekonomi yang saling berhubungan satu dengan yang lain dalam kehidupan ekonomi sehari-hari dalam masyarakat/ lahirnya hukum ekonomi disebabkan oleh meningkatnya pertumbuhan dan perkembangan perekonomian dimasyarakat.
b. Hukum ekonomi adalah yang menyangkut peraturan pemikiran hukum mengenai cara – cara pembegian hasil pembangunan ekonomi nasional secara adil dan merata dalam HAM manusia Indonesia.
c. Hukum ekonomi adalah proses tawar menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan antara pihak yang satu dengan yang lainnya, negosiasi juga diatikan sebagai penyelesaian sengketa secara damaimelalui perundingan pihak yang bersengketa.
d. Hukum ekonomi adalah proses pengikutsertaan pihak ketiga dalam penyelesaian suatu perselisihan sebagai penasihat. Sementara itu pihak ketiga yang ditunjuk menyelesaikan sengketa disebut mediator.
4. Sebutkan contoh hukum ekonomi ?
a. Jika nilai kurs dollar amerika naik tajam maka banyak perusahaan yang modalnya berasal dari pinjaman luar negeri akan bangkrut.
b. Perselisihan antara 2 suku karena masalah lahan perkebunan.
c. Mengadakan operasi pasar terbuka karena inflasi.
d. Meningkatkan tingkat suku bunga bank .
5. Apa yang dimaksud dengan hukum ekonomi pembangunan dan hukum ekonomi social
a. Hukum ekonomi pembangunan adalah yang meliputi pengaturan dan pemikiran hukum mengenai cara – cara peningkatan dan pengembangan kehidupan ekonomi Indonesia secara nasional.sedangkan hukum social adalah menyangkut tentang hak asasi manusia.
b. Hukum ekonomi pembangunan adalah usaha mempertemukan keinginan pihak yang berselisih utuk mencapai persetujuan dan penyelesaian.sedangkan hukum ekonomi social mempertemukan pihak yang berkelahi .
c. Hukum ekonomi pembangunan adalah proses tawar menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan antara pihak yang satu dengan yang lainnya, negosiasi juga diatikan sebagai penyelesaian sengketa secara damai melalui perundingan pihak yang bersengketa. sedangkan hukum social menyangkut pemasaran.
d. Hukum ekonomi adalah suatu hubungan sebab akibat atau pertalian peristiwa ekonomi yang saling berhubungan satu dengan yang lain dalam kehidupan ekonomi sehari-hari dalam masyarakat/ lahirnya hukum ekonomi disebabkan oleh meningkatnya pertumbuhan dan perkembangan perekonomian di masyarakat.sedangkan hukum social menyangkut masalh perundingan di luar masalah