Tugas bahasa Indonesia 2 pertemuan 1
NAMA ANGGOTA KELOMPOK:
1. HERI KURNIAWAN (23210252)
2. MUHAMAD SOFIAN SEPTA (24210612)
3.MUHAMMAD IQBAL (24210736)
(1)Pemasaran adalah merupakan salah satu kegiatan utama dalam bidang perekonomian, disamping kegiatan produksi dan konsumsi. (2) Konsumsi baru bias terlaksana setelah adanya kegiatan produksi dan pemasaran.(3) Dengan kata lain, produksi dan pemasaran dapat membantu terlaksananya tujuan konsumsi. (4) Pemasaran jika kita lihat berada diantara produksi dan konsumsi, yang berarti bahwa pemasaran menjadi penghubung antara dua faktor tersebut.(5) Dalam kondisi perekonomian sekarang ini, tanpa adanya pemasaran orang sulit mencapai tujuan konsumsi yang memuaskan. (6) Betapapun baiknya produk yang dihasilkan, jika orang lain tidak mengetahuinya, maka produk tersebut sulit akan laku.
Jelaskan selengkap mungkin apa, kesalahan yang kalian temukan pada artikel di atas!
Menurut kelompok kami, kesalahan artikel di atas yaitu :
1. Pada paragraf pertama yang bertuliskan ” Pemasaran adalah merupakan salah satu kegiatan utama dalam bidang perekonomian” , menurut kelompok kami kalimat tersebut menggunakan pemborosan kata yang tidak perlu , alangkah bijak nya bila kata “ adalah ” di hapus dan menjadi “ Pemasaran merupakan salah satu kegiatan utama dalam bidang perekonomian” .
2. Pada paragraf kedua yang bertulisakan “ Konsumsi baru bias terlaksana setelah adanya kegiatan produksi dan pemasaran “ , menurut kelompok kami kesalahan penulisan terdapat dalam kata “ bias “ , kemudian diganti menjadi “ bisa “ dan menjadi “ Konsumsi baru bisa terlaksana setelah adanya kegiatan produksi dan pemasaran” .
3. Pada paragraf ke empat yang bertulisakan “Pemasaran jika kita lihat berada diantara produksi dan konsumsi, yang berarti bahwa pemasaran menjadi penghubung antara dua faktor tersebut” menurut kelompok kami kesalahan penulisan tidak memakai tanda koma (,) seharusnya pakai tanda koma (, ) dan alangkah bijak nya bila kalimat “Pemasaran jika kita lihat berada diantara produksi dan konsumsi, yang berarti bahwa pemasaran menjadi penghubung antara dua faktor tersebut” di ubah menjadi “ jika kita lihat pemasaran berada diantara produksi dan konsumsi, yang berarti bahwa pemasaran menjadi penghubung antara dua faktor tersebut” .
4. Pada paragraf kelima yang bertuliskan “ Dalam kondisi perekonomian sekarang ini, tanpa adanya pemasaran orang sulit mencapai tujuan konsumsi yang memuaskan” , menurut kelompok kami kalimat “ sekarang “ di ubah menjadi “ saat “ menjadi “Dalam kondisi perekonomian saat ini, tanpa adanya pemasaran orang sulit mencapai tujuan konsumsi yang memuaskan”
Kesimpulan :
menurut kelompok kami artikel di atas belum memenuhi kualifikasi standar artikel ilmiah karena terdapat kesalahan dalam kalimat, serta penyusunan nya tidak sistematis .

(2). Pemukiman kumuh sering diidentikkan dengan kemiskinan, bahkan hasil penelitian Ismail (1991:1) menunjukkan bahwa pertumbuhan pemukiman kumuh berhubungan positif dengan problema kemiskinan penduduk. Semakin banyak penduduk miskin di perkotaan, semakin meningkat jumlah pemukiman (kampong) kumuh. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penduduk pemukiman kumuh merupakan masyarakat miskin. Keterbatasan ekonomi dan keadaan social yang kurang mendukung mengakibatkan lapisan penduduk marjinal DKI Jakarta dengan terpaksa dan atau sengaja bermukim di pemukiman kumuh. Di antara mereka bahkan mendirikan bangunan liar pada lokasi yang tidak diperuntukkan sebagai pemukiman atau pada lahan milik pihak lain. Timbul masalah kesehatan yang mendasar, seperti: masalah air minum, tinja, sampah, sanitasi makanan, serangga dan pencernaan yang disebabkan oleh timbulnya pemukiman kumuh. Permasalahan kesehatan tersebut yang telah menjadi problematika bagi masyarakat maupun aparat pemerintah.
Berdasarkan artikel no 2 susun (1) Rumusan masalah, (2) Tujuan penelitian
1. rumusan masalah
1) Faktor apa saja yang menyebabkan pertumbuhan pemukiman kumuh menjadi bertambah?

2) Seberapa besar hubungan pertumbuhan pemukiman kumuh dengan problema kemiskinan penduduk?

3) Apa yang menjadi alasan masyarakat untuk bermukim di pemukiman kumuh?

4) Seberapa besar hubungan pendirian pemukiman kumuh dengan masalah kesehatan beserta problema masyarakat?

5) Bagaimana cara pemerintah untuk menaggulangi permasalahan tersebut ?

2. tujuan penelitian
 Untuk meneliti faktor apa saja yang menambah pertumbuhan pemukiman kumuh serta hubungan pengaruhnya terhadap masalah kesehatan dan problema kemiskinan.