Tugas 2 softskill bahasa Indonesia 2
NAMA ANGGOTA KELOMPOK 4 :
1. HERI KURNIAWAN (23210252)
2. MUHAMAD SOFIAN SEPTA (24210612)
3. MUHAMMAD IQBAL (24210736)
SOAL:

Buat kelompok kerja, maksimal 3 mahasiswa.

Tugas :

Salah satu bentuk esei kritik iaiah tinjauan buku. Kalian harus menemukan buku penunjang dalam bidang akuntansi ( buku popular ). Untuk tugas ini, kalian harus membedakan antara tujuan tinjauan dan tujuan buku tersebut. Jadi tugas kalian ada 2, yaitu apa tujuan kalian melakukan tinjauan buku X dan apa tujuan penulis menyusun buku tersebut. Selanjutnya, tugas kalian adalah :
1. Jelaskan apa tujuan esei kritik tinjauan buku tersebut.
2. Tujuan penulis buku tersebut.
Kalian harus memberikan rangkuman buku dan memberikan kesimpulan bahwa buku tersebut baik untuk dibaca atau tidak untuk dibaca.

Jawaban kelompok kami yaitu :
Judul buku : edisi ke 6 akuntansi jilid 1
Penulis : Horngren , Harrison, Bamber
Penerbit : indeks
Peresensi : kelompok 4
1. Rangkuman
Buku akuntansi ini merupakan buku pengantar akuntansi yang sangat popular di dunia , buku prinsip – prinsip atau buku dasar untuk mata kuliah akuntansi , baik di fakultas ekonomi, para mahasiswa pengguna buku ini di asumsikan baru mengenal akuntansi untuk pertama kali. Buku ini sangat menarik minat belajar mahasiswa karena senantiasa mengaitkan teori dan praktek akuntansi dengan kehidupan di perusahaan nyata . pembahasan dilakukan dengan tingkat kesulitan berjenjang yang telah di sesuaikan dengan kecepatan berpikir mahasiswa pada umumnya .
Pengambilan keputusan di bidang akuntansi di tonjolkan dalam buku ini. Praktek akuntansi dilakukan dengan bertahap di sesuaikan dengan perkembangan pemahaman para mahasiswa . penyusunan laporan keuangan di jelaskan secara sederhana langkah demi langkah sehingga mudah di ikuti oleh para mahasiswa .
Banyak sekali keunggulan dari buku ini di antara nya yaitu :
1. Latihan soal dan kasus di perbanyak sehingga para mahasiswa dapat belajar dengan serius dan bervariasi .
2. Buku ini dilengkapi dengan CD sumber bahan , pekerjaan rumah online serta tugas penulisan
3. Banyak sekali fitur – fitur apendiks yang dapat menunjang proses pembelajaran di kelas .
Materi pokok dalam buku ini meliputi dasar-dasar pengantar akuntansi, buku edisi 6 akuntansi jilid 1 ini membahas tentang yaitu :
1. Akuntansi dan lingkungan bisnis
2. Pencatatan transaksi bisnis
3. Proses penyesuaian
4. Siklus akuntansi
5. Operasi perusahaan dagang
6. Persediaan barang dagang
7. System informasi akuntansi
8. Pengendalian internal dan kas
9. Piutang
10. Aktiva tetap dan aktiva tak berwujud
11. Kewajiban lancar dan penggajian
12. Persekutuan
13. Korporasi : modal di setor dan neraca
Buku ini sangat membantu dalam memberikan pembelajaran yang sistematis dan terstruktur , dengan menggunakan buku ini para mahasiswa akan terampil dan berwawasan luas .
Menurut kelompok kami kesimpulan dari buku akuntansi edisi ke 6 :
Di dalam aspek Teori , latihan soal dan permasalahan Kasus yang menekankan pada pembelajaran nyata edisi 6 akuntansi jilid 1 ini sangat baik untuk dibaca karena setiap materi dalam buku ini disajikan dengan pendekatan teoritis, dan praktis dan dengan pembahasan yang sistematis aplikatif berdasarkan pada alat analisis yang tepat , maka mahasiswa nanti nya akan dapat mengambil keputusan di dalam perusahaan nanti nya jika di perlukan.
Buku ini sangat membantu para mahasiswa, praktisi, pengajar dan masyarakat luas / para pembaca lainnya yang pada umumnya berkepentingan terhadap akuntansi, agar dapat memahami akuntansi dalam berbagai aspek perhitungan nanti nya .

2. Tujuan kami melakukan tinjauan buku akuntansi edisi ke 6 :
Untuk mempelajari akuntansi dasar dari titik awal permulaan sehingga bisa di pelajari dengan mudah dan sistematis. Dimana akuntansi mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan kita , khususnya aspek perhitungan dasar mengenai data bisnis dan transaksi . Karena akuntansi mengukur aktivitas bisnis dan memprosesnya menjadi sebuah laporan keuangan yang hasilnya akan di jadikan sebagai acuan pengambilan keputusan oleh pihak internal dan eksternal di dalam perusahaan nanti nya .
3. Tujuan penulis dalam menyusun buku tersebut :
Untuk memenuhi kebutuhan para instruktur dan untuk membantu para mahasiswa memahami akuntansi dalam dunia bisnis Serta buku ini dimaksudkan untuk memenuhi kelengkapan kebutuhan literatur akuntansi yang menekanankan dalam dunia bisnis .