Tugas 1 Akuntansi International

PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk

Nama : HERI KURNIAWAN
NPM : 23210252
Kelas : 4EB09
Tugas : Tugas 1 Akuntansi International “PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk”
Dosen : B. Sundari

PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk atau JKON (kode perusahaan pada Bursa Efek Indonesia) didirikan tanggal 23 Desember 1982 dan memulai kegiatan usaha komersialnya pada tahun 1982. Kantor pusat JKON berlokasi di Taman Bintaro Jaya Gedung B, Jalan Bintaro Raya, Jakarta.
Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan JKON adalah berusaha dalam bidang pembangunan, perdagangan, perindustrian dan jasa. Saat ini JKON, bertindak sebagai pengembang; pemborong pada umumnya (general contractor); pemasangan komponen bangunan (berat/heavy-lifting); pembangunan konstruksi segala bangunan; pemasangan instalasi; pengembangan wilayah pemukiman; pemborongan bidang pertambangan minyak, gas dan panas bumi; pemborong bidang pertambangan umum; pemborong bidang petrokimia; pembangunan sarana dan prasarana jaringan telekomunikasi; konstruksi besi dan baja; pembangunan lapangan golf; penyelenggaraan proyek jalan tol; konstruksi sinyal dan telekomunikasi kereta api; usaha penunjang ketenagalistrikan.
Di lihat dari laporan keuangan pada PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk periode yang berakhir 31 Desember 2012, diketahui bahwa perusahaan mengalami peningkatan laba kurang lebih 35% dari tahun sebelumnya, dan jumlah asset lancar pada perusahaan ini senilai Rp. 2.557.731.220 lebih besar dari jumlah liabilitas jangka pendek senilai Rp. 1.542.127.841. Hal ini menunjukan bahwa perusahaan dinyatakan likuid atau memiliki kemampuan dalam pembayaran utang jangka pendeknya.
Dilihat dari perkembangan pasar Indonesia di bidang kontruksi PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk memiliki potensi besar untuk meningkatkan penjualannya. Hal ini terlihat dari total persentase penjualan sebesar 30%. Dengan meningkatnya penjualan ini, dapat dianalisis bahwa prusahaan mampu untuk membayarkan utang dan menjaga kelangsungan usahanya (going concern). Dari kedua analisis diatas bahwa dengan likuiditas perusahaan dan meningkatnya total penjualan, maka dapat membuat para investor lokal maupun asing tertarik untuk menanamkan modal atau saham di PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk.
Prinsip akuntansi yang digunakan. PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk. adalah akrual dimana laporan keuangan juga disajikan secara material dengan adanya pengakuan pendapatan, adanya perbandingan dan pengakuan penuh atas segala nilai yang tersaji dalam laporan keuangan.
PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk. menggunakan jasa Kantor Akuntan Publik (Auditor Independen) Aryanto, Amir Jusuf, Mawar dan Saptoto dan RSM AAJ Associates . Kantor Akuntan Publik ini berlamat di Jl jenderal sudirman kav.59 Jakarta 12190 – Indonesia. Perusahaan ini di audit berdasarkan laporan posisi keuangan konsolidasian tanggal 31 Desember 2012, dan pelaksanaannya berdasarkan standar auditing yang ditetapkan oleh institute Akuntan Indonesia. Kantor Akuntan Publik Aryanto, Amir Jusuf, Mawar dan Saptoto dan RSM AAJ Associates menyatakan pendapatnya bahwa laporan keuangan konsolidasian PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk. disajikan secara wajar, dalam semua hal yang material, posisi keuangan konsolidasian dan entitas anak perusahaan pada 31 Desember 2012 sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku di Indonesia.
Struktur permodalan PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk dikelola dengan system yang sangat baik dengan tujuan mempertahankan kelangsungan usaha (going concern) serta memaksimalkan keuntungan bagi para investor dan perusahaan.

Refererensi Sumber :
http://www.idx.co.id/Portals/0/StaticData/ListedCompanies/Corporate_Actions/New_Info_JSX/Jenis_Informasi/01_Laporan_Keuangan/04_Annual%20Report/2012/JKON/AR%20JAKON%202012.pdf
http://www.idx.co.id/Portals/0/StaticData/ListedCompanies/Corporate_Actions/New_Info_JSX/Jenis_Informasi/01_Laporan_Keuangan/02_Soft_Copy_Laporan_Keuangan/Laporan%20Keuangan%20Tahun%202012/Audit/JKON/JKON_LKT_Des_2012.pdf